Koin USD 1.8Juta

Mengoleksi barang-barang antik terbaru dengan harga mahal sudah menjadi hal yang wajar. Kini barang antik terbaru berupa koin kuno yang dicetak pada tahun 1873 telah berhasil terjual. Koin kuno tersebut terjual dengan harga 1,8 juta dolar dalam pelelangan yang berlangsung di Pennsylvania Convention Center, Philadelphia.



Koin kuno 1873 yang dicetak di kota Carson City, Nevada, Amerika Serikat merupakan koin termahal yang berhasil dijual oleh pihak Pennsylvania Convention Center. Padahal nilai koin tersebut senilai satu dime (nama mata uang Amerika zaman dulu) saja. Pembeli koin kuno 1873 tersebut hanya mau disebut no arrow, lantaran si pembeli koin kuno tidak mau identitasnya diketahui public.
Menurut pihak Pennsylvania Convention Center, koin kuno tersebut telah dikirim ke Philadelphia untuk menjalani proses pengujian terlebih dahulu sebelum menjalani proses pelelangan. “koin itu seharusnya dimusnahkan sejak tahun 1873 lantaran sudah tidak berlaku lagi.” Ujar petugas lelang yang tidak mau disebutkan namanya.

“Diduga seseorang berhasil mencuri koin tersebut sebelum dimusnahkan. Hingga akhirnya koin tersebut ditemukan oleh seseorang yang tidak diketahui namanya ke pihak Pennsylvania Convention Center untuk dilelang. Kemudian koin itu akan berakhir menjadi koleksi koin pribadi bagi pembeli koin di tempat pelelangan kami.” Ujar petugas lelang.

sumber: huffingtonpost