Mangkuk Rp 21.6 Milyar

Dikira Sampah Ternyata Mangkuk Antik China Seharga Rp 21,6 Miliar


dnaberita/internet

Barang antik memang susah dikenali jika bukan di tangan orang yang ahli. Seperti nasib mangkuk ini di tangan sebuah keluarga di New York. Mereka tidak menyangka mangkuk yang dibeli di loak ternyata sebuah benda antik seharga jutaan dolar.

Mangkuk itu dibeli USD 3 (Rp 28 ribu) di acara obral barang-barang rumah tangga tak terpakai dari sebuah rumah pada 2007. Selama beberapa tahun kemudian keluarga itu memajangnya di ruang tamu rumah. Identitas benda berdiameter 5 inci itu baru diketahui setelah mereka berkonsultasi ke ahli barang antik karena penasaran asalnya dari mana.

Ternyata mangkuk keramik itu berasal dari Dinasti Song Utara di China. Usianya pun sudah lebih dari seribu tahun yaitu era kisaran 960-1279 dan bernilai sangat tinggi. Setelah tahu mangkuk itu barang langka maka pemiliknya langsung melelangnya di balai lelang Sotheby's.

Awalnya mangkuk itu diperkirakan terjual pada kisaran harga USD 200 ribu-300 ribu atau sekitar Rp 1,9 miliar-Rp 2,9 miliar. Namun rupanya seorang pedagang barang antik dari London rela merogoh koceknya USD 2,22 juta (Rp 21,6 miliar) demi mendapatkan mangkuk tersebut. Sotheby's menemukan hanya ada satu lagi mangkuk sejenis yang sudah tersimpan di museum London selama 60 tahun.

"Mangkuknya benar-benar sempurna. Sama sekali tak ada keretakan atau cuilan dan lainnya," ucap Giuseppe Eskenaz yang membelinya pada Selasa (19/3). "Daun bunga terukir di bagian dalam dan luarnya. Sangat jarang untuk menemukan kombinasi seperti ini." (sam/mr)


http://www.dnaberita.com